“Jangan mengerjakan sesuatu dengan setengah hati, karena hasil yang akan kamu dapatkan pun akan menjadi setengahnya.”

Digital clock - DWR

Jumat, 20 Mei 2016

REVIEW MATA KULIAH DI TEKNIK ELEKTRO UNSRI

Bagi kalian nihyaa mungkin masih bingung, masih gaktau, atau penasaran dengan mata kuliah apa aja yang dipelajari di teknik elektro?

Apa sih yang dipelajarin?
jadi, aku bakalan kasih reviewnya selama aku 2 semester (1 tahun) di Teknik Elektro :D
eitsss... sebelumnya kalian harus tau dulu apa itu SKS? KRS? KHS? IPS? IPK? dan lain-lain.

SKS itu adalah kepanjangan dari Satuan Kredit Semester. Bahasa gampangnya sih, beban perkuliahan.Bisa dibilang sih SKS itu kayak berapa lama kita kuliah gitu, misalnya 1 sks itu 1 jam kurang. terus 2 sks itu 2 jam, dan seterusnya..

KRS itu kayak mata kuliah apa aja sih yang bakalan kita ambil, biasanya untuk semester 1-4 itu udah ada paketnya. jadi tinggal kita ikutin aja paketannya itu..

KHS itu kartu hasil studi, dimana berisi berapa nilai-nilai yang udah kita dapetin gituuu..

IPS? bukan Ilmu Pengetahuan Sosial loh haha, tapi Indeks Prestasi Semester, jadi IPS ini hasil rata-rata nilai yang kamu dapetin. Contoh nya IPS semster 1 itu 4, IPS semester 2 itu  3 gitu..

IPK itu jumlah dari IPS, nah IPK ini gabungan dari IPS. jadi total selama kuliah kalian itu dapet IPK 3,67 misalnya ...

untuk semester 1 
Kalau di semester 1, mata kuliahnya itu masih umum-umum kok, jadi kamu pasti bisa menyesuaikan sama pelajaran SMA dulu..

1. Kalkulus
Kata kebanyakan orang, kalkulus itu menyeramkan, pelajarannya susah, maut, dan lain-lain.
Mata kuliah kalkulus ini ada 3 SKS, jadi betapa pentingnya mata kuliah ini dengan waktu kuliah yang cukup lama hahah..
nah kalkulus ini pelajarannya kayak matematika SMA tapi lebih rumit dan jalannya lebih panjang lagi.
untuk semester 1, dinamakan Kalkulus I, dan untuk semester 2, dinamakan Kalkulus II.

2. Fisika Dasar
Fisika Dasar sama kayak kalkulus yaitu 3 SKS. Pelajarannya lebih ke analis soal-soal fisika, gak cuman pakek rumus langsung jawab. Jadi dianalisa kenapa pake rumus kayak gitu, dibuat gambarnya atau grafiknyaa.. dibuat jalannyaa pokoknyaa lebih detail lah :)

3. Praktikum Fisika Dasar
Walaupun untuk praktikum ini sebenarnya 1 sks, tapi lamanya kuliah itu 2 jam.
Pelajarannya juga mengacu pada fisika yang dasar-dasar.
Namanya juga praktikum, pastinyaa disuruh buat laporan he he he

 4. MPK
  MPK singkatan dari Matakuliah Pengembangan Kepribadian...
MPK itu kayak pelajaran SMA ada bahasa indonesia, pkn, pancasila, bahasa inggris, dan agama
 kalo MPK ini sih 2 SKS semuaa, kalo bisa sih nilai di MPK ini harus besar kalo bisa ya dapet A, kenapa? karena pelajarannya masih mudah;) dan ngebantu banget kalo matakuliah ini dapet A semua..

5. Menggambar Teknik
Kami biasanya disingkat jadi "Megatek" , Mata kuliah yang bikin kita jadi susah tidur he he
why?? karena begadang terus buat ni tugas. Awalnya gambar dari kertas A4 ke A3 ke A2 ke A1 trs ke A0. asyiquee banget kann? udah kek anak arsitek aja bawa teropong itu loh hahaha
penanya juga macem-macem, terus mistarnya juga pakek mistar yang ada huruf2 itu apa ya lupa-_--
dan pas uasnyaaa, kami gambar di kertas kalkir dah bagi kalian yg gatau kertas kalkir itu apa cr aja di google ya :)) Gambarnya sih gambar gardu induk gaes..

6. Pengenalan Bidang Teknik Elektro
Biasanya sih disingkat jadi PBTE haha
nah untuk matkul ini, masih dasar-dasar lah yaaa... palingan perkenalan sama hukum-hukum Fisika tentang Elektro kayak Hukum Ohm, Hukum Kirchoff, dan yang lainnya XD


7. Dasar Komputer dan Pemrograman
Ini biasanya disingkat jadi "DASKOM". Untuk mata kuliah ini, kita juga belajar tentang seharah komputer, hardware, sofware, memorry dan lainnyaa.
Dan juga! Kita belajar coding. yeah~
Kita pake bahasa C++ dulu sih...


So, yeappp jadi untuk semester 1 itulah mata kuliahnya. Ya kalo bisa sih untuk awal semster IPK jangan sampe jatuh lah ya, kalo bisa sih 3,7an laah.... K a l o - b i s a :)

untuk semester 2,3,4,5 nanti aja lah yaaa di edit lg. okeee!
byeeeee guyssss



Tidak ada komentar:

Posting Komentar