“Jangan mengerjakan sesuatu dengan setengah hati, karena hasil yang akan kamu dapatkan pun akan menjadi setengahnya.”

Digital clock - DWR

Sabtu, 26 Agustus 2017

PLC (Programmable Logic Control)



PLC (Programmable Logic Control) digantikan dengan relay karena dengan menggunakan program PLC maka akan lebih sederhana, efektif, lebih praktis dan tidak kompleks. PLC merupakan suatu fungsi logika yang diatur berdasarkan input dan output. 
Pada Input PLC ada 2 macam, yaitu : NO dan NC. 
NO(Normally Open) merupakan suatu keadaan dari Mati (0) ke suatu keadaan Hidup (1). 
Sedangkan, NC(Normally Close) merupakan suatu keadaan dari Hidup (1) ke suatu keadaan mati (0). Program PLC yang digunakan pada praktikum ini adalah TwidoSuite. 
Bahasa program pada TwidoSuite adalah Ladder Diagram sehingga baik input, output, dan fungsi-fungsi lainnya harus diawali dengan tanda persentase (%). 
Input pada program TwidoSuite ditulis dengan (%I0.0 , ... %I0.n) sedangkan output pada program TwidoSuite ditulis dengan (%Q0.0 , ... %Q0.n). 
Pada praktikum PLC, kami menggunakan 2 input dan 6 output dimana saat Input 1 ditekan maka hanya output 1, 3 dan 5 yang hidup(1) dan sisanya yaitu output 2, 4 dan 6 akan mati (0). 
Agar output 2, 4 dan 6 mati (0) maka gunakan NC(Normally Close) untuk menutup aliran arus dari Input 1. 
Kemudian saat Input 2 ditekan maka hanya output 2, 4 dan 6 yang hidup(1) dan sisanya yaitu output 1, 3 dan 5 akan mati (0). Agar output 1, 3 dan 5 mati (0) maka gunakan NC(Normally Close) untuk menutup aliran arus dari Input 2. 
Selain itu, rangkaian yang dibuat merupakan rangkaian holding yang berarti menahan arus yang masuk dari Inputnya. 
Terdapat juga timer dan counter, dimana timer ini digunakan pada saat untuk menghitung seberapa lama output akan mati (0) ataupun output akan hidup (1) perhitungan pada timer dapat diatur sesuai dengan apa yang kita inginkan. 
Sedangkan counter digunakan sebagai penghitung yang akan mengatur NO menjadi NC setelah penghitungan tertentu sesuai dengan apa yang kita inginkan.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar